Penyakit ISPA – Jangan Anggap Remeh dan Tangani Sedini Mungkin

Penyakit ISPA - Jangan Anggap Remeh dan Tangani Sedini Mungkin

ISPA ( Infeksi Saluran Pernafasan Akut ), sistem pernafasan manusia terdiri dari hidung, kerongkongan dan yang paling penting adalah paru – paru. Paru – paru pada tubuh manusia berfungsi sebagai alat pernafasan sebelum udara/oksigen masuk melalui hidung dan mulut yang di salurkan melalui kerongkongan.Kembali pada tema di atas tentang “ penyakit ISPA – jangan anggap remeh dan tangani sedini mungkin “ di bawah ini ulasan lengkapnya.

Penyakit ISPA, infeksi saluran pernafasan akut adalah penyakit/infeksi yang di sebabkan oleh virus dan bakteri yang menyerang pada sistem pernafasan. Seseorang di katakan menghidap penyakit ISPA jika sudah terjadinya infeksi yang parah pada bagian sinus, tenggorokan dan paru-paru.

Menjaga paru – paru berarti menjaga hidup anda dari gejala penyakit ISPA itu sendiri. ISPA dapat menyerang siapa saja dan di mana saja. Mengapa saya ambil tema penyakit ISPA jangan anggap remeh dan tangani sedini mungkin, karena penyakit ini kalau tidak di tangani sedini mungkin dapat mengakibatkan penyebaran virus dan bakteri yang dapat merusak seluruh sistem pernafasan dalam tubuh yang dapat mengakibatkan kematian bagi si penderitanya.

Bakteri dan virus penyebab penyakit ISPA :

Pneumokokus
Bakteri yang memicu gangguan pada sistem pernafasan yang dapat menimbulkan meningitis dan pneumonia.

Rhinovirus

Adalah virus yang dapat menyebabkan penyakit pilek. Jangan anggap remeh jika tidak segara di tangani, khususnya pada anak – anak dan orang lanjut usia dapat memicu penyakit ISPA, karena anak-anak sistem kekebalan tubuh mereka lemah dan belum terbentuk sempurna.

Adenovirus
Yaitu virus yang mempunyai banyak jenis kuarang lebih ada sekitar 50 sampai 60 virus yang sudah di temukan. Virus ini dapat mengakibatkan infeksi pada saluran pernafasan yang dapat menimbulkan penyakit pilek, pneumonia dan bronkhitis.

Baca juga:

Berikut tanda – tanda awal penyakit ISPA

  • Tenggorokan merasa sakit yang di sertai batuk-batuk
  • Hidung tersumbat dan cenderung mengeluarkan cairan/ingus
  • Dada terasa sesak, karena kerja paru – paru terhambat
  • Tubuh merasa cepat lelah dan terasa sakit

Jika keluarga, sahabat dan anda sendiri terdapat memiliki tanda – tanda di atas segeralah cari bantuan medis, karena penyakit ISPA dapat menyebar dengan cepat melaui kontak langsung dengan penderita, melalui udara dan air yang sudah tercemar bakteri/virus ISPA tersebut. Jangan anggap remeh penyakit ISPA ini usahakan tangani sedini mungkin, jika sudah parah akan sulit mengobatinya.

Berikut tanda – tanda penyakit ISPA kalau sudah parah

  • Suhu tubuh akan naik yang di barengi demam tinggi dan menggigil
  • Merasa sulit bernafas
  • Tingkat oksigen yang di bawa darah menuju paru – paru sangat rendah
  • Tingkat kesadaran menurun dan dapat pingsan

Hidup dengan pola hidup sehat akan menjauhkan tubuh kita akan segala serangan penyakit yang sewaktu – waktu dapat menyerang siapa saja dan di mana saja. Pola hidup sehat akan menghindarkan kita dari penyakit ISPA dengan melakukan kegiatan berikut ini.

  • Olah raga secara teratur
  • Mencuci tangan dengan bersih dan teratur setelah beraktifitas
  • Mengkonsumsi makanan dan minuman yang banyak mengandung vitamin C, karena selain dapat mengobati penyakit sariawan vitamin  C juga mampu membantu menjaga dan meningkatkan system kekebalan tubuh anda
  • Hindari minuman beralkohol dan jangan merokok
  • Hindari kontak langsung dengan penderita penyakit ISPA, usahakan memakai masker

Pengobatan pada penderita penyakit ISPA, sampai tulisan ini saya terbitkan. Pengobatan pada penyakit ISPA hanya sebatas penangan dan pencegahan saja. Karena secara umum obat penyakit ISPA itu sendiri belum di temukan. Setelah melakukan serangkaian bantuan medis dengan cara mendiaknosa seluruh sistem pernafasan dalam tubuh, yang di lakukan dengan cara X – ray dan CT scan sangat di anjurkan untuk mengetahui jenis virus atau bakteri yang menjangkit pada sistem pernafasan tubuh anda. Setelah di ketahui jenis virus dan bakterinya baru biasanya dokter atau petugas medis akan memberikan obat antibiotik yang tepat dan yang dapat membunuh virus dan bakteri tersebut.

Catatan :
Untuk anak – anak dan orang usia lanjut, sistem kekebalan tubuh mereka sangatlah rapuh, untuk sebab itu merka cenderung lebih mudah terjangkit virus dan bakteri ISPA “ jangan anggap remeh dan tangani sedini mungkin.

Pola hidup sehat sangat membantu dan menjauhkan diri kita, keluarga dan terlebih lagi lingkungan dari serangan penyakit ISPA. Cukup sekian dari saya pembahasan mengenai “ penyakit ISPA – jangan anggap remeh dan tangani sedini mungkin “ semoga pembahasan di atas dapat bermanfaat, terima kasih.