Cara Mengatasi Mual Dan Pusing Saat Sedang Hamil

Dalam hidup berumah tangga akan terasa lengkap jika seorang istri diketahui sedang mengandung atau positif hamil. Itu adalah momen yang sudah dinanti nanti oleh orang yang hidup berumah tangga. Dan seketika itu orang tua akan tidak sabar lagi untuk menantikan kehadiran sang buah hati. Tapi dibalik itu semua, seorang wanita yang sedang hamil pertama sekitar satu sampai empat bulan akan merasakan berbagai macam yang tidak mengenakkan. Seorang wanita yang sedang hamil pertama sering sekali merasakan mual dan pusing. Bahkan ada yang sampai muntah muntah dan seketika badan menjadi lemas, sampai ada juga yang pingsan karna kehabisan energi.

cara-mengatasi-mual-dan-pusing-saat-sedang-hamil

Bagi Anda para wanita yang sedang hamil, kali ini akan memberikan informasi mengenai bagaimana cara mengatasi mual dan pusing. saat anda hamil dengan langkah yang mudah. Pasalnya rasa mual dan pusing saat hamil atau biasa disebut morning sickness adalah salah satu gejala pada kehamilan. Yang sering sekali dialami oleh para wanita yang sedang hamil. Namun perlu diketahui bahwa cara yang akan di jelaskan ini adalah cara atau langkah yang alami. Atau tanpa obat-obatan yang bersifat kimia. Pengertian dari Morning sickness adalah kondisi / gejala kehamilan yang biasa dialami oleh wanita yang hamil. Ini terjadi karena diakibatkan oleh meningkatnya jumlah hormon di dalam tubuh wanita hamil. Pada umumnya 70 % dari wanita hamil akan merasakan gejala ini. Dan 50 persen diantaranya akan mengalami muntah setelah mual dan pusing. Walaupun namanya morning sickness,  biasanya mual dan pusing akan dialami berkali kali dalam satu hari.

Mengatasi Mual dan Pusing Saat Hamil

Walau morning sickness ini terjadi sebab kondisi yang alami antara lain peningkatan jumlah hormon. Tapi ternyata rasa mual dan pusing bahkan muntah tersebut bisa sedikit berkurang dengan melakukan beberapa kebiasaan yang bersifat positif. Karena kondisi seperti ini umumnya akan sangat mengganggu aktivitas orang yang hamil dalam sehari-hari. Terutama di minggu-minggu awal pertama hingga minggu ke enam sampai ke sembilan bulan masa kehamilan. Untuk lebih jelasnya tentang bagaimana cara mengatasi mual dan pusing pada waktu hamil ada tips khusus yang bisa anda coba. Dengan ulasan dibawah ini tentang cara mengatasi mual dan pusing ini diharapkan anda bisa mempraktekkannya.

Cara mengatasi mual dan pusing yang pertama adalah lebih sering makan. Sama dengan orang yang sedang menjalani diet atau menurunkan berat badan, perempuan hamil dianjurkan untuk lebih sering makan. Namun tentu saja jumlah porsi setiap makanannya harus dikurangi, jangan malah menambahnya. Dalam sehari Anda dapat makan 4 sampai 5 kali dengan porsi makan sedikit. Anda bisa membuat jadwal makan untuk setiap harinya. Lalu aturlah menu makannya agar asupan gizi dan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh bisa terpenuhi dengan baik. Dimulai dari trimester yang pertama, Anda harus mulai mengubah pola makan Anda dan memperhatikannya. Lakukan demikian itu secara konsisten sampai pada trimester akhir kehamilan. Agar kondisi kesehatan Anda dan kesehatan bayi di kandungan Anda tetap terjaga.

Pola Makan Saat Hamil

Cara mengatasi mual dan pusing pada orang hamil selanjutnya adalah Jangan Langsung Beranjak dari Tempat Tidur saat anda bangun di pagi hari. Setelah Anda bangun dan membuka mata, cobalah duduk terlebih dahulu dan bangunlah secara pelan pelan. Posisi anda tetap berada di atas ranjang selama beberapa menit dan nikmatilah udara pagi hari yang sejuk dan segar. Atau apa bila diperlukan, Anda juga bisa menyiapkan beberapa makanan kecil dan juga minuman di dekat tempat tidur anda. Agar setelah bangun tidur Anda dapat langsung makan makanan atau minuman yang disiapkan tersebut. Langkah ini dipercaya cukup efektif sebagai mengatasi mual dan pusing pada waktu hamil.

Cara yang berikutnya adalah anda jangan makan makanan yang pedas dan berlemak. Walaupun anda sebelumnya sangat menyukai makanan itu. Mulai sekarang sebaiknya hindarilah atau paling tidak kurangi konsumsi makanan-makanan yang seperti itu tadi. Pada dasarnya jenis makanan yang berlemak dan pedaz seperti itu akan memicu kondisi morning sickness. Tanpa terkecuali di waktu siang hari maupun di malam hari. Dan untuk mencegah terjadinya masalah tersebut, sebaiknya Anda lebih banyak minum air putih ya. Makan pedas dan berlemak juga dapat mengganggu kondisi kesehatan pada tubuh Anda terutama untuk kesehatan pencernaan.

Olahraga Ringan Ibu Hamil

Tips mengatasi mual dan pusing selanjutnya adalah dengan melakukan aktivitas olahraga yang ringan dengan rutin. Walaupun  sedang hamil, aktivitas olahraga tetap akan bermanfaat untuk kesehatan para ibu yang sedang hamil.  Manfaat olahraga salah satunya adalah untuk mengatasi morning sickness atau rasa mual dan pusing bahkan muntah. Ibu hamil tidak perlu melakukan olahraga yang berat karena itu justru bisa mengganggu dan membahayakan kondisi bayi dalam kandungan Anda. Lakuan saja cara mengatasi mual dan pusing saat hamil dengan olahraga ringan. Seperti olahraga yoga atau gerakan olahraga yang diperuntukkan  ibu yang sedang hamil.

Ada juga cara mengatasi mual dan pusing saat hamil lainnya Selain dengan melakukan olahraga yaitu dengan akupuntur dan akupresur. 2 metode ini adalah tekhnik untuk menstimulasi bagian tertentu pada tubuh ibu hamil sampai pada sistem syarafnya. Dengan cara ini ternyata cukup efektif untuk mengobati kondisi mual dan pusing/muntah pada ibu yang hamil. Namun ibu hamil juga harus memilih klinik akupuntur dan akupresur yang sudah terpercaya. Supaya tidak ada kesalahan atau biasa disebut malpraktik yang nantinya dapat membahayakan kesehatan tubuh ibu yang hamil dan janin di kandungannya.

Minuman dan Makanan Pencegah Mual

Sesudah Anda mengetahui beberapa langkah mengatasi mual dan pusing saat hamil seperti yang dijelaskan tadi. Bagi ibu hamil juga perlu makan beberapa jenis makanan yang bisa mencegah mual saat hamil. Salah satunya mkanan yang harus dikonsumsi adalah buah-buahan dingin yang disimpan pada kulkas. Untuk Buah-buahan pada dasarnya mempunyai banyak manfaat sebagai penangkal rasa mual ketika hamil muda. Walau begitu, Anda juga harus  mencuci buah tersebut sampai bersih. Jauhi juga beberapa jenis buah yang harus dihindari bagi ibu hamil seperti pepaya muda, durian, nanas dan sebagainya.

Selain mengkonsumsi buah-buahan, langkah mengatasi mual saat hamil yang lain juga bisa dilakukan dengan minum ramuan tradisional yang terbuat dari jahe.  Jahe memang sudah dipercaya menjadi obat tradisional yang manjur untuk mengatasi segala  macam penyakit. Dan salah satunya yaitu dapat meringankan gejala morning sickness pada ibu yang sedang hamil. Untuk meminum  jahe secara nikmat, Anda bisa mencampurkan jahe pada segelas teh  yang hangat. Anda bisa minum teh jahe ini saat pagi hari saat Anda sedang bersantai. Selain minuman teh jahe, Minuman lain yang juga bisa mengatasi mual dan pusing waktu hamil adalah air putih dan juga jus lemon.