Cara Menghitung Masa Subur Wanita & Siklus Menstruasi Yang Benar

Cara Menghitung Masa Subur Wanita & Siklus Menstruasi Yang Benar

Menstruasi :

Rahim merupakan organ yang berukuran kira kira sebesar kepalan tangan yang berada didalam tubuh wanita, dindingnya berlipat lipa dan terdapat saluran telur dikanan kiri. Terdapat suatu organ di ujung kedua saluran telur tersebut yang kita kenal dengan indung telur dan ovarium yang menghasilkan sel telur sebagai fungsinya.

Setiap bulan satu dari sel sel telurnya akan matang dari salah satu indung telur sebelah kanan atau sebelah kiri secara bergantian sampai sel sel telur habis (menopasuse) pada wanita dewasa. Dinding Rahim akan menebal sebagai persiapan bantalan janin apabila terjadi pembuahan selama proses pematangan sel ter telur tersebut. Lapisan dinding Rahim yang menebal tersebut akan rusak dan luruh apabila tidak ada pembuahan yang kemudian keluar sebagai darah haid.

Siklus menstruasi wanita :

Pada tiap wanita bervariasi sikluas menstruasi dan siklus 25 – 35 hari dimiliki hamper 90% wanita dan siklus 28% dimiliki hanya 10-15% wanita. Namun siklus dibeberapa wanita tidak teratur dan yang menjadikan indikasi adanya masalah kesuburan adalah hal ini.

Perhitungan panjang siklus menstruasi dari hari pertama periode menstruasi hari dimana pendarahan dimulai sebagai hari pertama. Dan hari terakhir perhitungannya yaitu 1 hari sebelum pendarahan menstruasi bulan berikutnya dimulai. 2 ovarium dimiliki oleh seorang wanita dimana sekitar 200.00 sampai 400.000 telur yang belum matang/folikerl (follicles) disimpan dimasing-masing ovarium. Normalnya, setiap periode menstruasi, hanya satu atau beberapa sel telur yang tumbuh dan sekitar hari ke 14 sebelum menstruasi berikutnya. Sel telur tersebut akan dilepaskan dari ovarium ketika sel telur tersebut telah matang dan kemudian berjalan menuju tuba falopi dan setelah itu dibuahi. Yang dimaksud dengan proses pelepasan ini adalah “OVULASI”

Sebuah kelenjar didalam otak melepaskan hormone pada permulaan yang disebut Follicle Stimulating Hormone (FSH) ke dalam aliran darah sehingga didalam ovarium membuat sel sel telur tersebut tumbuh. Kemudian tumbuh lebih cepat dari salah satu atau beberapa sel telur daripada sel telur lainnya dan menjadi dominan. Sampai kemudian hormone mulai diproduksi yang disebut estrogen yang dilepaskan ke dalam aliran darah. Kerjasama antaran hormone estrogen dengan hormone FSH untuk membantu sel telur yang dominan tersebut tumbuh dan lalau Rahim diberikan sinyal agar mempersiapkan diri untuk menerima sel telur tersebut. Lender yang lebih banyak dihasilkan hormone estrogen di vagina untuk membantu kelangsungan hidup sperma setelah berhubungan intim.

Sebuah hormone dilepaskan dari dalam otak yang disebut dengan Luteinizing Hormone (LH) ketika sel telur telah matang. Dalam jumlah banyak melepaskan hormone dan sebagai pemicu terjadinya pelepasan sel telur yang telah matang dari dalam ovarium menuju tuba falopi. Sel telur tersebut memiliki kesempatan besar untuk dibuahi bila pada saat itu, sperma yang sehat masuk kedalam tuba falopi tersebut.

Baca juga : Tidak semua kista ovarium menggangu kesuburan wanita.

Beberapa hari diperlukan untuk berjalan menuju tuba falopi bagi sel telur yang telah dibuahi dan mencapai Rahim dan didalam Rahim untuk menanamkan diri pada akhirnya. Kemudian akan membelah diri sel telur tersebut dan memproduksi hormone human Chorionic Gonadotrophin (HCG) yang dapat dideteksi dengan GEATEL. Pertumbuhan embrio didalam Rahim dibantu oleh hormone tersebut. Endometrium akan meluruh bila sel telur yang telah dilepaskan tersebut tidak dibuahi dan proses menstruasi berikutnya yang terjadi.

Apakah siklus menstruasi selalu sama setiap bulannya?

Serangkaian hormone yang diproduksi oleh tubuh mempengaruhi siklus menstruasi yaitu Luteinizing Hormon (LH), Follicle Stimulaing Hormone dan estrogen. Tidak hanya itu, kondisi psikis wanita juga mempengaruhi siklus mesntruasi sehingga dapat maju atau mundur. Maka dari itu, kaum hawa perlu mempelajari pengetahuan mengenai bagaimana terjadi menstruasi dan bagaimana siklus menstruasi terjadi secara rinci.

Cara menghitung siklus menstruasi:

Dengan membuat catatan pada kalender untuk mengetahui siklus dan lama menstruasi. Tandai siklus anda setiap bulannya dengan menggunakan kalender tersebut. Anda dapat mengetahui pola siklus setelah beberapa bulan dan dalam meperikirakan siklus yang akan dating dapat dibantu dengan hal tersebut. Dengan tanda silang untuk menandai setiap hari ke 1 lalu hitung sampai tanda silang berikutnya. Dengan demikian siklus menstruasi anda dapat diketahui oleh anda.

Masa subur :

Cara untuk menandai masa subur adalah secara signifikan terjadinya kenaikan luteinizing, sesaat sebelum pelepasan sel telur dari ovarium / ovulasi terjadi. Daro ovarium, sel telur akan terdorong keluar menuju tuba fallopi karena kenaikan LH dan pembuahan sperma pada tuba fallopi ini dapat terjadi. Sepeti ini saat inilah yang disebut dengan kondisi sebagai masa subuhr yaitu bila sel telur ada dan siap untuk dibuahi. Selama kurang lebih 3-4 hari didalam tuba fallopi terdapat sel terlur, tapi hanya 2 hari umur masa yang paling baik untuk dibuahi dan kemudian mati.

Apakah siklus haid yang terlambat merupakan tanda ketidaksuburan?

Siklus haid yang lebih dari 40 hari dari siklus normal sangat berhubungan erat dengan olulatory (tidak adanya sel telur yang dihasilkan indung telur). Sedangkan bila tidak teratur dan panjang siklus haidnya mungkin disebabkan oleh banyak hal antara lain kista ovarium. Sebaiknya segera periksakan diri anda ke dokter bila anda mengalami masalah ini.

Hubungan antara LH surge dengan ovulasi:

Selter telur keluar dari ovarium secara tiba tiba karena LH surge-kenaikan LH (Luteinizing Hormone). Dalam waktu 16-32 jam biasanya melepaskan sel telur setelah terjadi peningkatan LH. Pada saat ini terjadi, nyeri tumpul pada bagian perut akan dirasakan oleh beberapa wanita.

Manfaat mengetahui masa subur :

Anda bisa dapat mengetahui masa-masa tidak subur bila anda telah mengetahui masa subur. Kemungkinaan pada masa subur, terjadi kehamilan sangat besar, sehingga kehamilan bisa didapat jika anda menginginkannya, jadi pada masa subur, segera lakukan hubungan suami istri. Yaitu tes dengan hasil positi setelah 24 -48 jam. Hal ini didasarkan bahwa hanya dalam 2 hari, sel telur bisa bertahan, dan setelah itu akan mati. Jangan lakukan hubungan pada masa subur atau menjelang masa subur bila anda tidak menginginkan kehamilan. Karana dalam waktu 3 -4 hari, sel sperma dapat bertahan.

Alat untuk menentukan masa subur :

Biasa akan beraksi (berubah warna atau memunculkan tanda) dari alat pendektesi masa subur. Satu hari sebelum masa subur yaitu ketika kelenjar pituitary sudah terjadi memproduksi kenakikan LH. Bahwa anda akan berovulasipada 24 jam berikutnya yang sebenarnya terdekteksi oleh alat tes masa subur. Uji kesuburan yang dilakukan dirumah dapat dipercaya keakuratannya sampai 90% bila digunakan secara benar. Anta jam 10.00 sampai 20.00 untuk melakukan pengujian dengan menggunakan urine. Sebaiknya asupan zat cair 2 jam dikurangi sebelum melakukan tes karena keakuratan hasil tes anda dapat berpengaruh hasilnya.

Hormon estrogen :

Hormon yang dibuat oleh indung telur adalah estrogen. Ginjal juga membuat hormone tersebut dalam jumlah kecil, sehingga pada laki-laki juga terdapat dalam jumlah kecil. TAnpa terkecuali, hormone estrogen mempengaruhi semua sel di dalam tubuh, walapun sel dan organ tidak semuanya sama pekanya terhadap hormone ini. Dalam perkembangan remaja perempuan selama masa remaja, estrogen ini berperan penting yaitu untuk perkembangan alat alat kelamin wanita dan payudara, juga agar tetap licin dan tidak kering dari perkembangan selaput lender Rahim serta selaput vagina. Beberapa organ juga terpengaruhi oleh estrogen ini misalnya tulan tidak bertambah panjang tetapi jumlah kapur tetap cukup dalam masa pubertas.

Pertumbuhan kulit juga dipelihara oleh estrogen sehingga kulit tetap elastis. Maka dari dari itu disbanding kulit laki-laki, rata-rata kulit wanita lebih halus. Kulit menjadi tipis dan keriput, bila produksi estrogen berkurang. Estrogen ini juga mempengaruhi penumpukan lemak di beberapa tempat tertentu dibawah kulit antara lain dipinggang yang khusus pada wanita.

Hormon progesteron:

Selain dibuat diindung telur, hormone progesterone juga dibuat dibuat diginjal dalam jumlah yang kecil, sehingga dalam jumlah yang kecil, laki laki juga mempunyai hormone ini. Hanya terjadi selama 2 minggu, pembuatan hormone progesterone oleh indung telur setelah telur dari inudng telur dilepaskan. Agar endometrium (lapirsan dinding Rahim) siap untuk menerima dan memberi tempat tinggal bagi telur yang telah dibuahi dijaga oleh progesterone dan estrogen ini. Berkat adanya progesterone ini, kehamilan dapat berlangsung terus. Endometrium akan mengelurakan bahan makan untuk telur yang telah dibuahi berkat progesterone ini. Agar otot-otot Rahim tidak berkontraski ini maka akan dijaga oleh homon ini.

Baca juga : Alat organ reproduksi wanita serta fungsinya & gambarnya.

Mitos mitos seputar menstruasi :

Seringkali mempercayai mitos yang berkembang dalam masyarakat dengan informasi yang disampaikan kurang tepat, kurang lengkap, bahkan terlalu berlebihan. Pada situasi tertentu akan menimbulkan sikap antipasti, defensive bahkan diskrimanasi dengan hal ini. Ternyata mitos mengenai menstruasi juga beredar dalam masyarakat dan diberitahukan secara turun menurun setelah mitos mengenai seksualitas. Diantaranya adalah sebagai berikut :

1). Menstruasi membuat tubuh menjadi Iemah‘
Bahwa dara menstruasi yang keluar hanya kira-kira 150 ml atau sekitar 3 sendok saja dari hasil penelitian yang pernah dilakukan. Jadi karena anda sedang menstruasi maka tubuh akan menjadi lemas adalah tidak benar.

2). Sedang menstruasi berarti sedang sakit.
Justru sebaliknya, proses alami yang dialami oleh setiap perempuan produktif yang merupakan menstruasi. Jadi Menstruasi berarti perempuan tersebut sehat dan bekerja dengan normal sebagaimana mestinya pada system reproduksinya.

3). Ingin menstruasi Iancar, sering seringIah minum soft drink.
Banyak yang percaya bahwa dengan minum soft drin dapat mengurangi rasa sakit perut selain memperlancar keluarnya darah. Sebenarnya tentang mengenai hal ini belum ada penelitian. Hormon serta factor psikis seseorang yang mempengaruhi dari sakit tidaknya perut saat menstruasi atau lancer tidaknya darah menstruasi yang keluar.

4). Memakai pembalut saat menstruasi bisa menyebabkan kemandulan.
Metode selama masa menstruasi agar tetap bersih dan tidak lembab merupakan justru metode secara medis. Semua pembalut pada dasarnya merupakan sehat, tetapi alergi dan iritasi juga dialami sebagian perempuan. Hal ini dikarena setiap perempuan berbeda sensitivitas organ kelaminnya. Maka dari itu saat menstruasi disarankan menganti pembalut seeing mungkin (idealnya setiap 4 jam), terutama ketika darah menstruasi yang keluar sedang banyak-banyaknya dan sesudah buang air kecil atau besar.

5). Saat menstruasi dilarang berenang.
Berenang saat menstruasi boleh-boleh saja dilakukan selama memakai pembalut dan tidak merasa risih. Dan pada kesehatan tidak terpengaruh sama sekali. Sebagai sarannya, hentikan aktivitas berenang bila perut merasa kram.

6). Menstruasi yang normal itu lamanya pasfi seminggu.
Tentu saja salah dengan pendapat ini. Masa menstruasi yang dimiliki setiap perempuan pasti berbeda dan tidak selalu 7 hari. Masih dianggap normal bila perempuan yang memiliki masa menstruasi 3,4 atau 5 hari saja.

7). Jangan minum es saat menstruasi.
Saat mestruasi, sesungguhnya air dingin tidak memiliki pengaruh apa pun. Terutama efek aliran darah terhambat, selama sakti tidak dirasakan ataupun perut kembung, sah sah saja meminum air es.

Gangguan saat menstruasi :

Nyeri dialami oleh banyak wanita sebelum menstruasi atau haid. Da yang pusing, mual, pegal-pega;, sakit perut, bahakan ada yang sampai pingsan. Penyebab sakti perut yang dirasakan adalah adanya kontraksi Rahim untuk mengeluarkan endometrium yang juga diperngaruhi oleh hormone prostaglandin. Kita juga tidak enak yang dirasakan karena kekacauan keseimbangan menjelang menstruasi dialami oleh hormone estrogen dan progesterone. Bisa disebut normal bila sakitnya masih bisa ditahan. Nah yang harus dicurigai bila menyebabkan pingsan atau sakit yang luar biasa dan sampai mengganggu aktivitas kita. Maka dari itu harus segera pergi ke dokter untuk memeriksakannya. Maka dari setiap ci atau indikasinya sangat penting harus kita kenali.

Ada bermacam-macam gangguan dan kelainan menstruasi yaitu antara lain:
a). Nyeri haid (dismenerrohoe)
Wanita kadang mengalami nyeri pada saat menstruasi. Bervariasi dari sifat dan derajat rasa nyeri ini. Mulai dari yang ringan sampai dengan yang berat. Dismenorrhoe adalah nyeri yang berat. Aktivitas sehari bisa terganggu dengan keadaan nyeri yang hebat tersebut.

Nyeri haid ada dua macam:
– Nyeri haid primer
Sejak haid pertama sudah timbul dan dengan berjalannya waktu akan pulih sendiri. Lebih tepatnya saat lebih stabilnya hormone tuibuh atau perubahan posisi rahin setelah menikah dan melahirkan. Nyeri haid itu merupakan normal, tapi jika dipengaruhi oleh factor psikis dan fisik dapat berlebihan seperti stress, shock, penyempitan pembuluh darah, penyakit yang menahun, kurang darah dan kondisi tubuh yang menurun. Untuk kesehatan tidak membahayakan dengan gejala ini.

– Nyeri haid sekunder
Biasanya dikemudian barulah muncul yaitu bila jika ada penyakit atau kelainan yang menetap seperti Rahim ada infeksi, kista/polip, tumor disekitar kandungan, organ dan jaringan di sekitarnya terganggu kelainan kedudukan Rahim.

b). Pre menstruasi syndrome
Sebelum atau saat menstruasi disertai denga PMS (pre menstruasi syndrome) atau gejala pre menstruasi antara lain :

  • Malas bergerak, badan menjadi lemas serta mudah merah lelah dirasakan.
  • Meningkatnya nafsu makan dan makanan yang rasanya asam lebih suka dikonsumsi
  • Bisa lebi labil emosi. Biasanya kita mudah uring-uringan, sensitive dan perasaan-perasaan negative lainnya
  • Kram perut(dismenorrhoe) dialamin
  • Kepala nyeri
  • Pingsan
  • Bertambahnya berat badan karena air yang tersimpan dalam tubuh dalam jumlah banyak
  • Terasa pegal di pinggang 

Cara mengatasi PMS:

Hal yang bisa dilakukan bila kita mengalami PMS yaitu:

  1. Makanan bergaram dikurangi seperti kentang goring, kacang-kacangan dan makanan berbumbu, agar penahan air berlebih dapat dikurangi
  2. Makan berupa tepung, gula, kafein, coklat dikurangi
  3. Makan yang mengandung kalsium dan vitamin C dosis tinggi ditambah seminggu sebelum menstruasi
  4. Makan makan berserat dan minum air putih diperbanyak
  5. Perbanyak makan makanan atau suplemen yang mengandung zat besi agar terhindar dari anemia bila menstruasi cukup banyak mengeluarkan darah. 

Cara untuk mengatasi sakit perut saat menstruasi:

  • Pada bagian yang terasa karam (bisa perut atau pinggang bagian belakang) dikompres dengan botol panas (hangat)
  • Untuk menenangkan diri bisa mandi dengan air hangat, dan boleh juga menggunakan aroma terapi
  • Minum minuman hangat yang kandungan kalsiumnya tinggi
  • Perut/pinggang yang sakit digosok gosok(dipijat perlahan)
  • Agar Rahim tergantung ke bawah maka ambil posisi menungging agar bisa membantu relaksasi
  • Untuk relaksasi bisa dengan tarik napas dalam-dalam secara perlahan
  • Harus dengan pengawasan dokter dalam menggunakan obat-obatan. Asal dosisnya tidak lebih dari 3 kali sehari boleh minum analgetik (penghinlang rasa sakit_ yang banyak dijual di toko obat. 

Gangguan menstruasi lain, yaitu Amenorrhoe atau tidak mendapatan haid sama sekali. Ada beberapa hal yang dapat menjadi penyebabnya adalah:

  • Hymen imperforate yaitu dimana selaput darah tidak berlubang . Sehingga terhambat untuk keluar darah mesntruasinya. Biasanya bila wanita sudah waktunya mens tetapi belum mendapatkannya maka keadaan ini dapat diketahui. Setiap bula dia mengeluh sakit perut. Agar hal ini bisa diatas maka biasanya untuk melubangi selaput daranya dengan dioperasi.
  • Menstruasi anovulatoire adalah tidak tercukupi rangsangan hormone-hormone untuk membentuk lapisan dinding Rahim, sampai tidak terjadi hai atau hanya sedikit. Mengakibatkan endometrium tidak terbentuk karena kurangnya hormone ini dan keadaan ini mengakibatkan masa subur tidak dialami oleh wanita karena sel telur tidak terbentuk. Untuk mengobatinya adalah dengan terapi hormone.
  • Amenorrhoea sekunder,biasanya sebelumnya penderitanya sudah pernah mens. Penyebab hal ini bisa berbagai keadaan seperti hipotensi, anemia, infeksi, kelemahan kondisi tubuh secara umum. Tidak hanyak itu, bisa juga penyebabnya adalah stress psikologis. Sebaiknya memeriksakan diri ke dokter bila terjadi kondisi ini. 

Jika mengalami hal-hal ini dibawah ini maka kita harus segera mencarai pertolongan yaitu

  1. Bila sebelum usia 8 tahun sudah mengalami menstruasi yang pertama (menarche). Atau pada usia lebih dari 19 tahun belum mengalami menstruasi
  2. BIla kurang dari 14 hari atau lebih dari 35-40 hari sekali untuk siklus menstruasi
  3. Bila lebih dari 14 hari lamanya menstruasi
  4. Bila sangat banyak volume darahnya (ganti pembalu per hari 10 kali)
  5. Tidak bisa mengerjakan aktivitas sehari-hari atau bahkan sampai pingsan karena sakit perut. Atau jika semakin lama semakin bertambah intensitas rasa nyeri tersebut
  6. Diantara dua siklus haid muncul noktah darah (spotting)
  7. Warna darah kelihatan tidak seperti baisa, menjadi lebih kecoklatan atau merah muda segar atau kalau bergumpal-gumpal darah mens yang keluar
  8. Berbau anyir bahkan berbau busuk darah mens tersebut.