Ciri Janin Sehat Di Dalam Kandungan

Ciri Janin Sehat Di Dalam Kandungan. Hampir semua Ibu hamil pasti mengalami kekhawatiran dan kecemasan akan kondisi kehamilannya dan juga janin dalam kandungan. Apalagi jika kehamilan tersebut sudah lama dinantikan oleh pasangan suami istri. Kondisi ini snagatlah wajar, karena orang tua tidak bisa melihat secara langsung kondisi janin dalam kandungan. Karena itulah, tak heran jika beberapa ibu selalu berpikir, “apakah janind alam kandungannya sehat?, Apakah tumbuh kembang janin dalam kandungan tidak ada masalah?, apakah berat badan janin dalam kandungan sudah tepat? dan mungkin masih banyak pertanyaan-pertanyaan lain yang menghantui para ibu.

Sebenarnya, ibu hamil tidak perlu cemas apalagi merasa takut berlebihan, karena dengan rutin memeriksakan kehamilan ke dokter, maka ibu akan lebih mudah mengetahui tanda-tanda dan ciri janin sehat dalam kandungan.

Ciri janin sehat dalam kandungan pada suatu kehamilan yang normal dan sehat adalah hal yang sangat di dambakan oleh ibu yang sedang hamil, dan juga kondisi si ibu hamil atau wanita itu harus dalam kondisi yang sehat semua itu sangat erat kaitannya dengan ideal berat badan ibu hamil nutrisi yang seimbang dan olah raga yang sangat teratur untuk info yang lebih lanjut kami akan menyediakan beberapa ciri janin sehat dalam kandungan, silahkan simak di bawah ini.

ciri-janin-sehat-di-dalam-kandungan

Ciri Janin Sehat Trimester Pertama

Perubahan yang sering terjadi pada saat hamil muda membuat wanita cemas, apakah sebuah tanda kehamilan yang sehat atau membahayakan kesehatan ibu dan janin?

Artikel kali ini akan membantu anda untuk mengetahui tanda kehamilan yang sehat selama trimester pertama. Kondisi kesehatan fisik dan mental ibu hamil memang sangat penting untuk dipantau sehingga dapat mendeteksi dini apabila terjadi kehamilan abnormal.

Perubahan yang dialami oleh ibu hamil dipengaruhi oleh hormon kehamilan sehingga nampak terjadi kondisi yang membuat ibu hamil mengalami morning sickness,perubahan fisik, perubahan mood dan lainnya.Meskipun tanda kehamilan masing-masing wanita berbeda.

Berikut adalah ciri janin sehat selama trimester pertama

Mengalami Morning Sickness

Mual dan muntah yang dialami oleh ibu pada trimester pertama sangat wajar terjadi. Hal ini dikarenakan adanya perubahan hormon yang membuat tubuh harus beradaptasi.

Mual dan muntah yang dialami oleh wanita hamil seringkali tanpa penyebab. Lebih sering terjadi pada pagi atau malam hari. Apabila mengalami mual dan muntah yang parah sehingga menganggu kondisi kesehatan sebaiknya segera konsultasi dengan dokter kandungan.

Perubahan Pada Buah Dada

Sembilan dari sepuluh wanita hamil mengalami perubahan pada payudara. Kondisi ini ditandai dengan payudara yang semakin kencang dan juga padat selama kehamilan.

Anda tidak perlu khawatir, kondisi ini merupakan tanda kehamilan yang sehat sebagai persiapan fisik anda untuk memproduksi ASI yang dimulai. Anda akan mengalami perubahan buah dada hingga usia kehamilan trimester akhir.

Tekanan Darah Normal

Ciri janin sehat pada Kehamilan yang sehat ditandai dengan tekanan darah yang normal. Sedangkan bagi anda yang mempunyai riwayat dengan hipertensi/ hipotensi sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum merencanakan kehamilan.

Kondisi kesehatan ibu hamil di trimester pertama sangat berpengaruh sekali pada pertumbuhan janin. Hal ini dikarenakan pada trimester pertama organ-organ penting janin terbentuk. Oleh karena itu, perhatikan asupan nutrisi dan menjaga kesehatan selama kehamilan.

Perubahan Perut

Pada trimester pertama perubahan perut belum begitu besar. Hanya saja bagi anda yang mengalami kehamilan kembar, perubahan perut sangat terasa cepat. Bahkan sudah mulai tampak ketika memasuki bulan ketiga.

Untuk mengetahui perubahan perut yang sehat sebaiknya konsultasikan dengan dokter kandungan. Pemeriksaan akan membantu untuk mengetahui kondisi kesehatan dengan menggunakan alat medis.

Pertumbuhan Janin

Pada saat trimester pertama masih sulit untuk mengetahui detak jantung janin. Umumnya baru diketahui ketika memasuki trimester kedua awal bahkan pergerakan di dalam rahim baru diketahui di minggu ke 15 kehamilan.

Anda tida perlu khawatir , ini merupakan tanda kehamilan yang berjalan lancar dan sehat. Sedangkan bagi anda yang ingin mengetahui pergerakan janin dapat melakukan USG dengan bantuan bidan atau dokter kandungan.

Perubahan Mood

Pada wanita hamil perubahan mood terjadi karena adanya adaptasi hormone kehamilan . Kondisi ini ditandai dengan adanya perubahan suasana hati yang sangat cepat, misalnya ketika anda tiba-tiba merasa sedih dan kehilangan kemudian marah tanpa penyebab yang jelas.

Bahkan perubahan mood akan terus dialami oleh ibu hamil pada akhir trimester pertama. Anda tidak perlu khawatir, seiring dengan usia kehamilan yang semakin bertambah. Maka perubahan mood akan hilang dengan sendirinya.

kenali-ciri-janin-sehat-dalam-kandungan

Kenali Ciri Janin sehat dalam kandungan

Biasanya, dokter akan menggunakan alat USG atau alat lainnya untuk mendeteksi kondisi perkembangan  janin dalam kandungan, dari mulai : detak jantung, organ tubuh, jenis kelamin, lingkar kepala, hingga perkiraan berat badan. Jadi Anda tidak perlu cemas lagi, karena melalui pemeriksaan rutin, Anda juga bisa mengetahui jika terjadi kelainan pada kehamilan.

Detak jantung janin normal

Detak jantung janin dalam kandungan memang tidak bisa dideteksi secara langsung oleh ibu hamil, namun dengan menggunakan alat khusus, seperti USG dan doppler, detak jantung janin dalam kandungan bisa dilihat dan didengar dengan jelas. Melalui alat ini, dokter bisa mendeteksi apakah janin Anda sehat atau tidak. Detak jantung sehat dan normal apabila berdenyut sebanyak 110/160 kali per menit.

Adanya gerakan janin

Gerakan janin merupakan salah satu tanda janin sehat dalam kandungan. Ibu bisa mulai merasakan gerakan janin pada usia kehamilan 16 hingga 20 minggu. Gerakan janin sehat bisa dirasakan sebanyak 6 hingga 10 kali dalam sehari. Gerakan janin seperti menendang, menggeliat, memukul akan terus bertambah kuat seiring usia kehamilan ibu. Namun umumnya pada saat kehamilan bertambah besar, gerakan janin akan mengalami penurunan akibat berkurangnya ruang gerak janin yang terus bertambah besar.

Tumbuh kembang Janin Sempurna

Pemeriksaan rutin ke dokter kandungan dibutuhkan untuk mengetahui apakah tumbuh kembang janin dalam kandungan Anda sehat dan sempurna, terutama pemeriksaan menggunakan alat USG. Melalui alat tersebut, dokter dapat mendeteksi apakah detak jantungnya norrmal, apakah berat badan janin sudah sesuai, berapakah diameter kepala janin, panjang tulang, organ dalam janin, dan juga jenis kelamin janin dalam kandungan.

Berat badan ibu hamil mengalami kenaikan

Berat badan naik pada saat hamil merupakan salah satu tanda janin sehat dalam kandungan. Jadi, apabila ibu hamil tidak mengalami kenaikan berat badan yang sesuai dengan usia kehamilan, maka bisa jadi janin dalam kandungan tidak mengalami kenaikan berat badan. Kondisi tersebut menunjukkan adanya masalah pada kehamilan Anda, misalnya janin tidak berkembang, perkembangan janin terhambat, atau ada masalah lainnya. Kenaikan berat badan Ibu selama kehamilan yang menunjukkan kehamilan dan janin dalam kondisi sehat adalah 11-15kg. Periksakan kehamilan secara berkala, agar segera mendapatkan penanganan ketika terjadi suatu masalah dalam kehamilan.

Nah, sudah tahu kan apa saja ciri janin sehat dalam kandungan. Semoga informasi diatas dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita semua.