Cara Menggunakan Setrika Wajah Dengan Tepat

Pernahkah anda mendengar tentang alat perawatan wajah terbaru yang bernama setrika wajah? Setrika wajah adalah pembuktian bahwa perkembangan teknologi juga telah menjangkau dunia kecantikan.

Namun jangan membayangkan wajah anda akan dilicinkan dengan alat seperti setrika uap yang biasa dipakai untuk melicinkan pakaian. Karena sejatinya bentuk dan cara menggunakan setrika wajah memang sangat berbeda dengan setrika pakaian.

Wajah menjadi asset utama bagi banyak orang. Bukan hanya wanita, namun kaum pria juga sangat memedulikan wajah. Sedah tentu karena setiap orang yang akan dipandang pertama tentu saja wajah. Oleh sebab itu, wajah akan selalu dirawat dan dijaga agar selalu bersih dan sehat serta cantik jika itu perempuan.

Seiring berjalannya waktu, tentu manusia akan mengalami banyak peruabahan. Begitu wajah kita. Semakin tua usia, maka wajah bias berubah menjadi keriput dan tidak kencang. Tentu hal itu dapat mengurangi rasa percaya diri. Untuk itu, kini telah hadir alat strika wajah atau sering disebut Touch Up. Mungkin anda sudah tahu dan sudah pernah mendengarnya. Alat ini sangat luar biasa dalam membuat wajah menjadi lebih kencang dan cantik serta awet muda.

Cara menggunakan setrika wajah atau Touch Up sangat mudah. Anda tidak perlu bolak-balik ke salon hanya untuk perawatan wajah agar selalu terlihat muda dan kencang. Cukup gunakan setrika wajah atau Touch Up dari Jaco ini. Cara menggunakan setrika wajah hanya tinggal usapkan pada area wajah yang mengendur dan setelah itu wajah akan menjadi lebih kencang serta terlihat muda. Gunakan kurang dari 15 menit pada area yang sama dan gunakan dua hari sekali untuk menjaga agar wajah selalu muda. Hindarkan penggunaan pada area luka.

cara-menggunakan-setrika-wajah-dengan-tepat

Cara Menggunakan Setrika Wajah Sendiri

Nah Anda yang menginginkan wajahnya tampak bersih dan cerah pasti menginginkan perawatan menggunakan setrika wajah. Namun, setrika wajah tidak dianjurkan bagi ibu hamil, ibu menyusui, penderita diabetes, pasien pengguna plat metal, penderita jaringan ikat atau penderita gangguan jantung.

Jika bosan dengan perawatan wajah dengan cream atau lotion wajah, Anda bisa menggunakan perawatan dengan setrika wajah. Anda akan melihat perbedaan sebelum menggunakan dan sesudah memakainya. Perawatan dengan setrika wajah juga harus diimbangi dengan perawatan facial atau masker.

Manfaat penggunaan setrika wajah di antaranya adalah membersihkan permukaan wajah dengan cara membuka pori-pori, sehingga komedo maupun jerawat yang ada di sekitar wajah akan mudah dibersihkan. Sel-sel kulit mati pun akan hilang dan diganti dengan sel baru.

Setrika wajah juga mampu mencegah penuaan dini. Bisa mengurangi kerutan pada wajah dan lingkaran hitam di sekitar mata serta lipatan-lipatan pada dagu bisa disamarkan.

Bisakah Setrika Wajah Dilakukan Sendiri di Rumah?

Perawatan radiofrequency (RF) atau yang lebih dikenal dengan setrika wajah banyak dipilih para wanita yang ingin mengatasi kulit mengendur, timbul kantung mata, pipi yang ‘chubby’, dan permasalahan double chin. Perawatan ini banyak dilakukan di klinik-klinik kecantikan dengan durasi pengerjaan 45 menit hingga 1 jam untuk sekali perawatan.

Mengingat perawatan ini cukup populer di kalangan wanita, perusahaan produsen kecantikan berlomba-lomba untuk memproduksi alat RF yang lebih mudah digunakan. Seiring dengan inovasi dan kemajuan zaman, kini alat tersebut tidak hanya digunakan untuk di klinik saja, namun juga digunakan di rumah. Lantas sebenarnya, bisakah setrika wajah digunakan sendiri tanpa bantuan ahli kecantikan?

Dr Kardiana Purnama Dewi SpKK mengatakan, perangkat setrika wajah yang banyak beredar di pasaran untuk digunakan sebagai perawatan kecantikan di rumah memang mudah digunakan. Tetapi sayangnya, efek yang dihasilkan tidak sama dengan perawatan cara menggunakan setrika wajah yang dilakukan di klinik kecantikan.

“Efeknya lebih ringan dan gampang digunakan. Biasanya dijual satu paket dengan krim dan alat yang bisa menggetarkan wajah. Kalau mau dipakai silakan saja tapi saran saya jangan berharap banyak,”  tuturnya saat diwawancarai Wolipop di Hotel Ritz-Carlton Mega Kuningan, Jakarta Selatan beberapa waktu lalu.

Ditambahkan oleh dr Holly Banerjee dari klinik 8th Avenue Jakarta, setrika wajah yang dilakukan di rumah memiliki hasil yang berbeda dengan perawatan yang dilakukan di klinik. Di klinik, setrika wajah dilakukan untuk fokus mengatasi permasalahan yang ingin dihilangkan, misalnya mengencangkan kulit, meniruskan pipi, dan menghilangkan double dhin.

“Kalau setrika wajah di rumah itu nggak bikin tirus, tapi mungkin lebih bersih saja kulitnya karena itu kan portable home car jadi hasilnya sama klinik pasti berbeda,” jelasnya saat ditemui Wolipop di 8th Avenue Skin Clinic, Jl. Wijaya Jakarta Selatan belum lama ini.

Secara keseluruhan, prosedur setrika wajah bisa dilakukan di rumah namun hasilnya berbeda dengan yang dilakukan di klinik kecantikan. Efek yang dihasilkan pun tidak terlalu maksimal karena ada perbedaan gelombang frekuensi antara alat portable dengan di klinik.

manfaat-melakukan-setrika-wajah

Manfaat Melakukan Setrika Wajah

Manfaat utama melakukan setrika wajah adalah untuk mencegah penuaan. Setrika wajah sangat efektif untuk mengurangi jumlah kerutan di wajah. Selain itu, perawatan ini juga bermanfaat untuk meningkatkan aliran darah ke wajah dan membantu pembuangan toksin melalui sistem limfatik.

Hasilnya, daerah yang disetrika akan menjadi lebih sehat karena mendapatkan nutrisi yang lebih banyak. Oleh sebab itu, treatmen ini sangat penting untuk diimbangi dengan peningkatan kualitas asupan gizi.

Adapun yang lain adalah sebagai berikut:

  • Membantu menyamarkan lipatan di bawah dagu
  • Membuat wajah terlihat lebih tirus
  • Mengencangkan pipi yang kendor
  • Mengurangi lingkar hitam di bawah mata

Setrika Wajah Aman atau Tidak Tergantung Pemakainya

Walaupun setrika wajah memang sangat menguntungkan, ternyata penggunaan setrika wajah tidak dapat disama ratakan kepada seluruh masyarakat. Ada beberapa orang yang disarankan untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu sebelum menggunakan setrika wajah ini.

Mereka adalah orang yang mengidap penyakit jantung, ibu hamil dan juga menyusui, pasien yang menderita diabetes melitus, seorang yang tengah menggunakan sendi buatan atau plat sendi, dan yang terakhir adalah seorang yang menderita gangguan terhadap jaringan otot dan ikat. Perlu diperhatikan juga bahwa penggunaan setrika kulit wajah tergantung dengan kondisi kulit.
Pada umumnya perawatan yang menggunakan setrika ini juga relati mahal. Sekali perawatan pasien dapat dikenakan biaya mulai 300ribu hingga mencapai 500ribu. Informasi tersebut merupakan salah satu tips setrika wajah aman atau tidak bagi si pemakai.
Pada zaman sekarang, berkembangnya teknologi modern juga telah masuk kedalam dunia fashion. Kerutan yang timbul pada kulit wajah, saat ini sudah dapat disamarkan menggunakan alat yang biasa disebut dengan istilah setrika wajah atau juga bisa dengan sebutan Radio Frequency Treatment.

Teknologi setrika wajah mengaplikasikan elektroda sebagai bahan yang digunakan untuk menyamarkan garis-garis pada kulit wajah dan juga membuat kulit kencang. Hasil yang bisa dilihat secara langsung yaitu kulit wajah terasa kenyal dan kencang. Sedangkan mengenai setrika wajah aman atau tidak, hal tersebut tergantung pada si pemakai.