4 Cara Mengatasi Gusi Bengkak (Gingivitis) Secara Cepat Alami

Masalah gusi bengkak pastinya sering dialami oleh setiap orang. Anda tentunya tidak akan nyaman sepanjang hari saat mengalami masalah gusi bengkak. Gusi bengkak (Gingivitis) itu sendiri merupakan peradangan serta infeksi yang terjadi pada jaringan gusi. Infeksi yang terjadi tersebut berasal dari bakteri yang terdapat pada rongga mulut, menginfeksi gigi atau plak, mengeras hingga pada akhirnya menjadi karang gigi. Gusi bengkak dapat terjadi karena anda kekurangan vitamin C dan juga mengonsumsi makanan yang kurang sehat.

Hal utama yang harus anda hindari agar terhindar dari pembengkakan gusi adalah makanan yang mengandung banyak gula. Gusi bengkak atau Gingivitis tersebut ditandai dengan adanya kemerahan dan juga bengkak pada jaringan gusi. Selain itu Gingivitis akan terjadi pendarahan saat anda menyikat gigi. Anda akan merasakan nyeri atau sakit pada gusi, bau mulut, rasa tidak enak dalam mulut, dan juga akan terdapat nanah di antara gusi dan gusi anda. Untuk itu, anda harus segera mengatasinya. Oleh karena itu, simak saja cara mengatasi gusi bengkak berikut ini.

4 Cara Mengatasi Gusi Bengkak (Gingivitis) Secara Cepat Alami

Cara Mengatasi Gusi Bengkak

Mengatasi gusi bengkak dengan cepat diantaranya yaitu menggunakan garam. Air garam kaya akan kandungan zat antiseptik yang dapat melawan bakteri sehingga dapat meredakan pembengkakan gusi. Cara mengatasi gusi bengkak dengan garam tersebut cukup mudah. Anda hanya perlu menyiapkan satu sendok teh garam ke dalam satu gelas air hangat. Aduk hingga rata dan gunakan air garam tersebut untuk berkumur. Lakukan cara ini 2-3 kali dalam sehari secara rutin. Gusi bengkak anda akan segera sembuh.

Mengatasi gusi bengkak karena gigi berlubang juga bisa dilakukan dengan cara pijatan gusi. Dengan cara pijatan gusi tersebut, anda bisa mengurangi rasa sakit. Anda dapat melakukan pijatan gusi dengan menggunakan jari telunjuk untuk memijat gusi yang bengkak. Cara memijat gusi yang bengkak tersebut yakni dengan gerakan melingkar yang dilakukan secara berulang-ulang. Sebelumnya, pastikan tangan yang anda gunakan tersebut bersih dan terbebas dari kuman agar tidak memicu bakteri pada mulut anda.

Gusi sering bengkak juga bisa diatasi dengan hidrogen peroksida atau baking soda. Anda buat hidrogen peroksida menjadi obat kumur dengan mencampurnya dengan air secukupnya. Berkumur dengan obat gusi bengkak tersebut dapat mengurangi rasa sakit. Berkumurlah setidaknya 3 kali dalam sehari untuk mengatasi gusi yang bengkak tersebut. Obat kumur tersebut juga mampu mencegah produksi serta penyebaran bakteri di mulut anda. Dengan cara ini, gusi yang bengkak anda akan segera sembuh teratasi.

Mengatasi gusi bengkak bernanah dapat dilakukan dengan minyak cengkeh. Minyak cengkeh dipercaya dapat mengatasi gusi yang bengkak. Minyak cengkeh berkhasiat dalam meredakan rasa nyeri yang ditimbulkannya. Anda hanya perlu mengoleskan minyak cengkeh pada gusi anda yang bengkak. Lakukan minimal 2 kali sehari secara rutin. Hanya dalam waktu yang singkat, gusi bengkak anda akan sembuh. Anda harus senantiasa menjaga kebersihan mulut anda agar tidak terserang bakteri penyebab gusi bengkak. Anda juga perlu hati-hati sakit gigi saat hamil 7 bulan. Pembengkakan gusi banyak dialami para ibu hamil. Pasalnya para ibu hamil mengalami kekurangan kandungan gizi pada tubuh karena harus berbagi dengan janinnya.

Itulah ulasan terupdate mengenai mengatasi gusi bengkak selengkapnya untuk anda. Semoga artikel tersebut bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi anda yang mencari informasi seputar tips dan trik kesehatan terutama menjaga kesehatan gigi.